Bebas riba dari KTA 2017

Posted by

Alhamdulillah .. Target bebas riba dari hutang KTA di 2017 tuntas sudah, di mulai dari penutupan KTA Stanchard Bank di februari sampai yang terbaru KTA DBS di minggu kemarin. Insya Allah target selanjutnya konsentrasi di penyelesaiaan hutang KPR rumah di depok yang masih belum kelar.

Saya belum mampu menjual semua segala asset demi penutupan hutang-hutang riba ini, tapi selalu berdoa semoga di panjangkan umur dan tidak meninggal di saat ada hutang riba. Saya percaya semua di mulai dari niat yang suci dan bertindak sesuai pertimbangan resiko yang matang. Yang penting ! kita harus buktikan progress nya ada dan tidak lupa juga melakukan detoksifikasi riba yang di kutip dari group tempat belajar muamalah :

  1. Bertaubat kepada Allah dengan  Taubat Nasuha. Sholat taubat, akui dosa Riba yang telah kita perbuat, mohon ampunan Allah, dan bertekad untuk berhenti dari mu’amalah Riba
  2. Mendekatkan diri kepada Allah melalui sholat-sholat fardlu maupun sunnah, dzikir, membaca Al Qur’an dan menghadiri majelis ilmu.
  3. Memperbanyak istighfar
  4. Memperbanyak amal sholeh dan menebar kebaikan
  5. Mengoptimalkan ikhtiyar untuk mencari rizki yang halal

Sekedar menguatkan hati dari dampak baik dari melepaskan dari hutang riba, berikut simulasi KTA saya di bank DBS yang baru di tutup :

Total sisa hutang : Rp. 1.832.000 x 29 kali sisa cicilan = 53.128.000.

Total sisa pokok : Rp. 33.542.267

Total Pelunasan : Rp. 38.373.000, berarti total bunga bank yang tidak perlu bayar : Rp. 14.755.000

Kenapa total pelunasan lebih besar dari sisa pokok ?? katanya kena biaya administrasi pelunasan 8%, setelah saya hitung tidak ketemu angkanya… ya Sudahlah ! Ikhlasin aja, yang penting cepat tuntas kewajiban.

Saya akan tanamkan dan didik anak saya nanti, jangan pernah dekatin riba apapun itu tujuan manfaatnya. Aamin

Pelajaran terbaik dari KTA adalah : Mau pelunasan aja tetap kena bunga. Istighfar 3x

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *