Buku Untuk Menambah Ilmu

Posted by

Setiap orang memiliki hobi atau cara sendiri dalam menghabiskan waktu luang yang ada, bagi saya membaca buku dan menonton film adalah sesuatu yang sangat menarik dan membuat bahagia. Toko buku dan bioskop jelas menjadi tujuan utama saat berkunjung ke mall.

saya pernah membaca sebuah artikel di blog harvard review yang mengatakan jika minat membaca seseorang itu berkembang mengikuti usia dan pengalaman hidupnya. Pendapat ini membenarkan apa yang terjadi dalam kehidupan saya dalam mengembangkan minat membaca.

Sekedar mengingat kenangan dan catatan bagi anak-anak saya nantinya, berikut perkembangan minat membaca saya dari waku ke waktu :

1.Masa SD

Besar dan tumbuh di pedesaan di kabupaten Muara enim, Sumsel membuat saya hanya bisa akses perpustakaan sekolah saja. Betapa bahagianya dulu saat-saat tahu kalau perpustakaan kami mendapatkan supply buku-buku baru. jelas favorit saya tentang buku-buku fiksi, seperti cerita daerah dan serial dari luar “Lima Sekawan”.

2. Masa SMP dan SMU

Setelah melanjutkan sekolah di SMP N 13 dan SMU N 2 Palembang, saya mulai menyukai komik, seperti:  Kungfu boy, Tiger Wong, tapak Budha,  dan lain-lain.

3. Masa Kerja dan Kuliah di palembang.

Masa kerja sambil kuliah di Palembang mulai mengenal buku-buku serial Supernova Dee Lestari dan banyak sekali baca buku tentang IT. Sampai bisa pakai aplikasi photosop dan mulai menulis di  Blogspot dan ikut mendirikan komuniats blogger Wongkito.

4. Masa kerja di jakarta sebelum menikah

Masa ini benar-benar fokus beli buku tentang investasi, dari saham, reksadana sampai ke Forex. Buku-buku manajemen juga jadi menu utama, dari yang lokal sampai terbitan dari luar. Dampaknya juga signifikan bagi perkembangan karir yang mulai masuk level management. Alhamdulillah

5. Masa Setelah menikah

Dalam fase ini, saya benar-benar baru sadar jika ilmu agama selama ini hanya sebatas sholat 5 waktu saja, ternyata banyak sekali ilmu agama yang harus diketahui. Terutama ilmu Muamalah dan  ketauladanan Islam.

Saya juga memutuskan, untuk membuka konsultasi kinerja perusahaan untuk membantu perusahaan-perusahaan yang  memiliki visi nilai-nilai syariah. Merubah metode pembinaan karyawan dengan pendekatan Aqidah, ibadah dan muamalah yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan saat ini ( kontemporer ).

Alhamdulillah.. telah sukses membuang semua buku-buku tentang investasi sekuler yang mengandung riba, puluhan buku tentang saham, tokoh ekonomi liberal dan pendekatan tidak sesuai syariah lainnya ke tong sampah.

Insya Allah.. semoga ke depan tetap komitmen untuk belajar sesuai tuntunan agama Islam saja. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *