Harta Haram Muamalat Kontemporer

Posted by

Muamalat adalah Hukum syariat yang berkaitan dengan hubungan manusia satu dengan lainnya. dan untuk hal yang berkaitan dengan harta ( jual-beli, sewa menyewa, warisan dan lain sebagainya ) biasanya ditambahkan kata “maaliyaah” yang berarti harta-harta. Akhir-akhir ini kata muamalat konotasinya adalah muamalat maaliyyah.

Perlahan saya baca buku ” Harta Haram Muamalat Kontemporer ” karangan Ustad Erwandi Tarmizi dan langsung analisa apa yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kali mengucap istighfar karena menyadarin kesalahan cara muamalat selama ini. Insya Allah perlahan nanti akan diperbaiki satu demi satu.

Awalnya saya berpikir kenapa rumit sekali aturan Islam dalam hubungan manusia dengan manusia? tidak boleh perdagangan darah, lukisan makhluk hidup, dan lain sebagainya. Setelah merenung dan baca secara detail, baru sadar ada syarat dan ketentuan yang sangat bermanfaat bagi semua orang.

Jika dijalankan sesuai syariat Islam, bisa saja kemakmuran merata dan tidak akan terjadinya chaos sistem ekonomi yang di alami negara-negara besar. Semua kegiatan sehari-hari dalam mendapatkan harta harus terbebas riba, bebas ghoror dan bebas zalim.

Jika ada yang berpikir bahwa Syariat Islam itu hanya sebatas potong tangan, hukum cambuk dan lain-lain. Wajib untuk baca buku ini ! banyak sekali yang hal yang berguna untuk kita dan lingkungan. Sebuah tuntunan hidup yang tercatat dalam kitab suci Alquran dan telah terbukti berhasil pelaksanaanya di zaman nabi dan para sahabat.

Istilah kontemporer konotasi dari adaptasi kondisi terkini yang sedang di hadapi oleh umat manusia. Harga buku Rp. 120.000 dan bisa di dapatkan di toko-toko buku terdekat.

Untuk pengarang sendiri, bisa search di Youtube untuk video-video ceramahnya dan beliau adalah lulusan S3 yang memang ahli di bidangnya.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *