Suplemen Sehat Menurut Islam

Posted by

Kategori FIT merupakan tantangan terberat dalam personal scorecard saya, pengaturan pola makan dan olahraga sangat sulit di jalankan secara konsisten. Motivasinya turun naik dan lebih banyak turunnya ..hehehhehe

Agar tubuh tetap fit, penting juga untuk konsumsi suplemen yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kita tidak boleh dikit-dikit pergi ke dokter, yang mana obat yang dikonsumsi tidak jelas apakah komponennya sesuai syari atau tidak.

Penting sekali yaa ! untuk mengubah kebiasaan yang tidak di anjurkan oleh nabi menjadi yang sesuai dengan Alquran dan sunnah. Misalnya mengganti konsumsi Pil Ikan dengan Habasyi Oil.

Berikut suplemen yang mulai menjadi kebiasaan saya di kehidupan sehari-hari.:

  • Habasyi Oil

Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”.

Saya lebih memilih yang tipe oil daripada tablet, karena alasan gampang di serap oleh tubuh dan mudah didapatkan di jaringan toko obat retail modern. Untuk manfaat secara medis banyak sekali dan tertera di kemasannya.

  • Madu

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Kalo cari di retail modern, saya sarankan untuk pilih yang “madu murni nusantara”, menurut saya asli. Wallahualam

  • Kurma

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”

Saya pernah beli kurm Ajwa di royaldates.co.id dengan harga 49 ribu per 75 gram dengan isinya kurang lebih 8 biji. Bila rutin konsumsi tiap hari bisa habis 1,4 juta per bulan. Sepertinya belum mampu dan langsung beralih ke kurma yang biasa saja 😀

  • Minyak zaitun

“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Sempat terpikir dengan istri untuk mengganti minyak goreng dengan zaitun, tapi sampai sekarang belum kesampaian. Minyak zaitun bisa di dapatkan di farmer market. Harga ada banyak pilihan dari yang murah sampai yang mahal. Untuk minyak rambut zaitun, sampai sekarang masih belum ketemu.

Untuk Pola konsumsi suplemen adalah sebagai berikut :

  • Pagi : 2 pcs Habasyi oil dan 7 pcs kurma
  • Sore : 2 pcs Habasy oil dan satu sendok madu

Semoga selalu di berikan kesehatan. Aamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *